EMBUNG NGLANGGERAN, GUNUG KIDUL, YOGYAKARTA

Gunung Kidul, Yogyakarta
Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran  adalah sebuah tempat wisata baru yang terletak di Gunung Kidul . Tepatnya terletak di  Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.Embung Nglanggeran ini dulunya merupakan sebuah bukit bernama Gunung Gandu.

Kemudian dipotong dan dikeruk untuk dijadikan telaga tadah hujan yang bisa mengairi kebun buah yang ada di sekitarnya. Selain berasal dari air tadah hujan, air embung ini juga berasal dari Sumber Sumurup yang terletak di Gunung Nglanggeran. Karena  berasal dari bukit yang dipotong, maka Embung Nglanggeran merupakan telaga yang berada di puncak bukit. Embung  adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan yang fungsi utamanya adalah sebagai sarana pengairan.

Embung Nglanggeran diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada  19 Februari 2013.
Di Embung Nglanggeran ini , anda tidak boleh  memancing, mandi-mandi atau naik sampan.  Tapi walaupun demikian,  Embung ini tetap asyik untuk dinikmati apabila anda datang di waktu yang tepat. Misalnya pada waktu matahari akan tenggelam. Karena   Embung Nglanggeran merupakan salah satu tempat terbaik  untuk menyaksikan sunset di Yogyakarta.

Embung Nglanggeran juga menyuguhkan pemandangan yang cantik.  Sebuah hamparan beningnya danau ada di depan mata, berpadu  dengan hijaunya perbukitan dan  berada di atas  ketinggian. Sungguh indah dan mempesona.    perjalanan menuju lokasi Embung Nglanggeran sangat memacu adrenalin. Karena anda  harus melewati  perkampungan, jalan yang menanjak  dengan diapit tebing-tebing bebatuan tua. Embung  Nglanggeran mudah dicapai dari Jogja. Bila  anda   membawa kendaraan pribadi,  anda cukup mengikuti jalan Wonosari, sesampainya di pertigaan Polsek Patuk, anda harus belok kanan menuju Gunung Api Purba Nglanggeran.

Tidak sulit untuk sampai ke Embung Nlanggeran karena  banyak petunjuk yang jelas yang bisa membawa anda ke sana. Sedangkan jika anda  ingin naik kendaraan umum,  dari Jogja silahkan anda naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Naik dari Teminal Giwangan atau dari Perempatan Ketandan. Setelah itu anda turun di Patuk dan kemudian dilanjutkan dengan naik ojek. Dan kemudian untuk sampai ke Embung  yang terletak 500 meter di atas permukaan laut, anda harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelak-kelok.

Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk pada hari Minggu (14/9/2014) mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat dalam dan luar Gunungkidu